Senin, 16 Januari 2012

7 Hal yang membuat kita bangga jadi blogger

Blogger merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog. Menjadi seorang blogger sangatlah mudah karena kita hanya butuh menciptakan sebuah blog walaupun sederhana kemudian merawatnya dengan baik untuk bisa mendapatkan status sebagai seorang blogger.


Blogger mulai banyak bermunculan di Indonesia sejak blog itu sendiri mulai masuk dan diperkenalkan pada tahun 2004. Sejak saat itu sampai sekarang ini, jumlah blogger di Indonesia terus berkembang pesat hingga mencapai lebih dari 5 juta blogger pada tahun 2011.

Menjadi seorang blogger sangatlah mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Lalu, apakah dengan kemudahan ini kita bisa memperoleh banyak kebanggaan ketika sudah menjadi seorang blogger?

Tentu saja ada banyak hal yang bisa membuat kita merasa bangga ketika menyandang sebutan sebagai seorang blogger. Berikut ini adalah 7 alasan mengapa kita harus merasa bangga menjadi seorang blogger.

1. Blogger itu suka menulis.

Jangan merasa minder jika tulisan kita masih amburadul dan tidak sistematis. Tulisan kita memang tidak sebagus wartawan media masa dan penulis terkenal. Akan tetapi, kita harus bangga karena kita memiliki kemauan dan kemampuan lebih dalam hal menulis dibandingkan orang biasa.

Kebanyakan orang hanya suka membaca, menyimak, dan menonton saja. Mereka jarang memiliki kemauan untuk menulis seperti halnya apa yang selalu kita lakukan sebagai seorang blogger.

2. Memiliki banyak teman.

Percaya atau tidak, semakin banyak itu akan semakin menguntungkan bagi kita. Misalnya saja saat kita sedang mengalami kesulitan. Semakin banyak teman, maka akan semakin banyak pula alternatif bantuan yang akan kita terima dari teman-teman kita.

Tidak hanya dalam dunia nyata, dalam dunia blogging pun kita juga dapat menemukan dan menjalin pertemanan dengan blogger lainnya. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara blogwalking dan meninggalkan komentar, saling follow, dan blogroll.

3. Blogger memiliki kecenderungan sebagai seorang peneliti.

Tidak semua blogger memiliki gelar kependidikan tinggi yang dapat menjadikannya sebagai seorang peneliti. Akan tetapi, dengan menjadi blogger pun sebenarnya kita sudah menerapkan prinsip-prinsip yang biasa dilakukan oleh seorang peneliti seperti riset, uji coba, dan pengembangan.

Tanpa kita sadari, selama ini kita telah banyak melakukan hal penelitian dalam blogging seperti mencari keyword yang terkenal dan sedang banyak diminati oleh target pengunjung blog kita, mencari kelemahan dan kelebihan desain blog kita, hingga mengkaji dan menganalisa sebuah permasalahan unik untuk diterbitkan dalam blog kita.

4. Selalu update terhadap perkembangan teknologi.

Blogger selalu identik dengan perkembangan teknologi informasi meski tidak semua aspek harus dikuasai. Paling tidak, kita sebagai blogger harus mengetahui perkembangan teknologi seperti apa yang dapat menunjang kegiatan blogging kita agar lebih optimal.

Misalnya, kita memanfaatkan jejaring sosial seperti twitter dan facebook untuk menjalin koneksi dengan pembaca setia kita. Kita menggunakan fitur-fitur dan pernak-pernik blog terbaru untuk mempercantik dan mengoptimalkan kinerja blog kita.

5. Pandai melakukan strategi pemasaran.

Meski tidak semua blogger pernah mendapatkan ilmu pemasaran, tetapi kegiatan blogging yang selama ini kita lakukan juga tidak jauh melenceng dari kegiatan pemasaran. Kita banyak melakukan aktifitas promosi blog seperti blogwalking dan berkomentar pada blog lain, menggalang komunitas dalam jejaring sosial, menawarkan pengetahuan dalam artikel secara gratis, dan lainsebagainya.

Semua itu kita lakukan agar mendapat banyak kunjungan dan jalinan pertemanan demi meningkatkan popularitas blog yang kita kelola.

6. Menjadi terkenal dengan blogging.

Siapa yang tidak kenal Raditya Dika?
Dia adalah salah satu contoh blogger Indonesia yang sukses menjadi terkenal hanya karena sebuah blog.

Status blogger memang belum banyak dikenal oleh orang awam. Akan tetapi, paling tidak kita akan menjadi sosok yang lebih dikenal dalam pergaulan dengan sesama teman kita ketika kita memiliki sebuah blog sebagai media online untuk sarana berbagi, berkomunikasi, dan monetisasi.

7. Blogger dapat menghasilkan banyak uang.

Siapapun dapat menghasilkan uang dengan menemukan dan mengoptimalkan peluang bisnis yang ada. Blogger pun demikian, karena sekarang ini sudah banyak blogger yang menghasilkan pendapatan uang yang sangat banyak. Pendapatan itu dapat kita peroleh dengan menjual produka barang dan jasa yang berkaitan dengan blog milik kita, menjadi affiliator dalam program affiliasi, memasang iklan adsense, menyewakan space iklan mandiri, dsb.

Coba lihat bagaimana blogger kelas dunia seperti Darren Rowse dan Yaro Starak menghasilkan uang ribuan Dollar dalam satu bulan. Kita tidak harus sukses bekerja di dunia nyata untuk menghasilkan banyak uang, karena kita pun dapat sukses menghasilkan banyak uang di dunia maya dengan menjadi seorang blogger. Karena itu, tidak jarang ada seorang blogger yang lebih memilih menjadi full timer blogger dengan melepas pekerjaan di dunia nyatanya dan menggantungkan hidupnya dengan menjadi seorang blogger.

Menjadi seorang blogger memang mudah dilakukan. Tapi, bukan berarti mudahnya untuk menjadi blogger ini membuat status seorang blogger menjadi tidak bernilai lebih. Pemaparan di atas dapat mempertegas mental dan pola pikir kita jika ada hal-hal tertentu yang dapat kita banggakan sebagai dengan menjadi seorang blogger.

Blogging yang dilakukan oleh seorang blogger itu menyenangkan. Berbagi dapat menjadikan diri kita lebih bermakna. Bukankah sebaik-baiknya manusia itu adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya? Jadi, mari kita berbangga hati dan jangan minder lagi dengan menyandang status sebagai seorang blogger.
SUMBER

2 komentar:

Andre Pratama mengatakan...

wahh.. keren nih sob, saya tambah bangga nih jadi Blogger..

Fadli_Lovetohate mengatakan...

haha iya sob , saya juga tambah bangga jadi blogger

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger